Friday, 4 August 2017

Hasil gambar untuk microsoft

Perbedaan Microsoft Office/Windows RTM, Final, Retail, OEM & Original MSD

Diantara kalian mungkin masih bingung kenapa banyak sekali versi Microsoft Office/Windows yang memiliki embel-embel Beta, RC ( Release Candidate ), RTM, Retail, OEM. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang hal tersebut.
Microsoft biasanya dalam proses pembuatan Windows memiliki beberapa tahapan diantaranya :
1. Alpha
Versi ini versi yang ( mungkin ) paling awal sekali dalam pembuatan OS Windows. Versi ini masih dalam tahapan pengembangan dan tidak untuk publik sama sekali.
2. Beta
Versi beta adalah versi yang masih dalam tahap pengembangan sama seperti versi Alpha, bedanya versi Beta ini sudah memiliki ketahap lebih lanjut dan bisa dirilis untuk publik. Beberapa tahun lalu ( Sekitar tahun 2012 ) Microsoft mengeluarkan beberapa versi Beta dari produk Windowsnya untuk Windows 8 seperti.
  • Developer Preview : Versi ini ditujukan untuk kalangan developer ( pengembang aplikasi / programmer ). Biasanya versi ini sangat tidak direkomendasikan untuk publik walaupun sudah dirilis disitus resminya.
  • Consumer Preview : Versi ini setingkat diatas versi DP ( Developer Preview ), namun yang menjadi perbedaan dengan DP adalah, versi Consumer Preview ini sudah bisa dinikmati oleh publik sebagai bahan percobaan. Tetapi versi ini belum memasuki versi Final alias masih banyak terdapat bug pada fitur-fiturnya.
3. Release Candidate
Setelah itu, Windows akan memasuki versi RC alias Release Candidate. Versi ini sebenarnya sama dengan versi Beta namun tingkatannya lebih tinggi. Versi Release Candidate ini bisa dibilang tinggal satu atau dua langkah lagi sebelum versi Final.
4. RTM / Final / Original MSDN
Nah setelah pengembangan selesai, pada akhirnya dikeluarkanlah versi final dalam bentuk RTM atau Release To Manufacturing. Versi RTM akan diberikan secara langsung kepada perusahaan elektronik yang bekerja sama dengan Microsoft contohnya HP, ASUS, Lenovo, dll. Versi RTM juga diberikan kepada pengguna MSDN ( Microsoft Developer Network ).
Pada dasarnya versi RTM ini sudah mencapai versi Final, hanya saja versi RTM ini nantinya akan terbagi lagi kedalam beberapa bagian tergantung dalam hal perjanjian lisensi diantaranya :
A. Retail
Versi Retail sebenarnya sama dengan RTM dengan Build Windows yang sama pula. Retail ditujukan untuk kalangan konsumen secara langsung dalam bentuk DVD Box. Versi Retail pun masih terbagi lagi kedalam 2 versi perjanjian lisensi yakni.
  • Full License atau biasa disebut Full Packaged Product (FPP) : Versi ini adalah versi Retail yang paling mahal. Pengguna dapat menggunakannya tanpa ada batasan penggunaan. Pengguna juga bisa mengupgrade, install ulang atau mentransfer lisensinya ke PC lain selama tidak terinstall kedalam 2 PC secara bersamaan. Versi inilah yang biasanya ditujukan untuk kalangan konsumen / pengguna rumahan.
  • Upgrade License : Versi ini sama seperti versi FPP, namun dengan harga yang lebih murah. Biasanya Microsoft menawarkan versi ini bagi konsumen yang sudah mempunyai product key yang asli baik itu versi FPP atau OEM di OS sebelumnya, salah satu contohnya adalah upgrade dari Windows 7 ke Windows 8.1.
B. OEM
OEM atau Original Equipment Manufacturer adalah sebuah perjanjian lisensi Windows yang biasanya sudah pre-installed atau sudah terinstall secara otomatis kedalam sebuah PC / Laptop. Perbedaan versi ini dengan versi Retail FPP adalah versi OEM tidak bisa diinstall ke perangkat lain dan sudah "terikat" secara langsung kedalam Motherboard dari perangkat tersebut ( biasanya di-inject product key-nya kedalam BIOS ) jadi saat install ulang, biasanya versi OEM tidak membutuhkan serial number lagi. Perbedaan selanjutnya antara Retail dengan OEM adalah versi OEM ini biasanya sudah terintegrasi secara langsung dengan driver perangkat tersebut. Dengan versi OEM ini kita tidak harus repot-repot mencari driver yang cocok. Kemudahan dari versi OEM adalah memilki recovery yang sudah cocok dengan perangkat yang sudah terinstall Windows versi OEM. Jadi ibaratnya pengguna tersebut yang "membetulkan" perangkatnya sendiri karena pihak perusahaan sudah menyediakannya secara default.
C. Volume Licensing
Versi Volume Licensing bisa dibilang versi grosir dari Windows. Versi ini hanya ditujukan untuk kalangan perusahaan baik kecil hingga atas. Versi ini biasa diaktivasi dengan MAK ( Multiple Activation Key ).
Kesimpulannya adalah versi RTM ini bisa dibilang versi "Golden Master" dari OS Windows. Karena dengan adanya versi RTM ini, nantinya bisa saja ditambahkan berbagai macam update seperti Service Pack, Tweak untuk menjadikan versi OEM dan lain sebagainya. Intinya semua versi Retail, OEM, VL berdasarkan versi RTM ini. Bagaimana ? sudah jelas ?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Fredixzer - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -