Friday 30 June 2017


Hasil gambar untuk perbedaan ram dan rom
Perbedaan Rom RAM ,Dalam dunia komputer kita sering mendengar tentang ROM dan RAM. Mungkin dari sebagian kita sudah paham apa perbedaan ROM dengan Ram, tetapi pasti ada juga dari kita yang kurang paham tentang istilah ini. Dalam dunia komputer memang banyak sekali istilah-istilah yang asing menurut kita. Kadang kita yang sudah lama berada lingkungan komputer, maksutnya keseharian kita selalu dengan komputer, ada istilah-istilah yang tidak kita ketahui maksudnya.
Sebagai pengguna komputer, Istilah-istilah program atau sistim kerja komputer kadang tidak begitu kita pikirkan. Kita sebagai pengguna hanya tau bagaimana caranya menggunaka komputer. Mungkin untuk internet, grafis, atau untuk mengelola dokumen di kantor. Tetapi tak ada salahnya juga kita tau istilah-istilah asing pada dunia komputer. Bagi para teknisi komputer, hal-hal ini tentu bukan istilah asing, karena mereka pasti di tuntut untuk mengerti dan mempelajari tentang perangkat komputer dan sistim kerjanya.
Perbedaan RAM dan ROM.
Dari segi istilah, ROM dan RAM memiliki pengertian sebagai berikut ini.
ROM ( Read Only Memory ), Adalah sebuah Ruang atau memory yang berfungsi untuk menyimpan berbagai program yang ada pada komputer tersebut. ROM biasanya menyimpan file-file seperti Musik, Film, Gambar dan file lainnya.
RAM ( Random Access Memory ), Adalah sebuah Ruang atau memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara program komputer yang sedang berjalan. ROM biasanya berisi instruksi/program khusus yang bisa digunakan pemakai untuk memanfaatkan komputer secara maksimal.
Dari pengertian diatas, sudah sangat jelas perbedaan antara RAM dan ROM. Secara Singkatnya, ROM adalah ruang yang digunakan untuk menyimpan file yang sudah jadi seperti gambar, musik dan sebagainya. Sedangkan RAM adalah ruang yang digunakan untuk menjalankan aktifitas dari sebuah program yang dibuka pada komputer tersebut.
Perbedaan Rom RAM yang lain adalah jika RAM berfungsi untuk menyimpan program atau data dalam bentuk pulsa-pulsa listrik, maka jika listrik yang mengalir untuk menjalankan komputer dimatikan, program dan data yang tersimpan akan hilang langsung. Hal ini berbeda sekali dengan ROM. Program atau data yang tersimpan di ROM akan tetap aman walaupun aliran listrik yang mengalir dalam komputer putus secara tiba-tiba.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Fredixzer - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -